Using Domino Card Game in Teaching English to Elementary School Students

February 25, 2012 in Paper

Fabiola. 2012.  “Using Domino Card Game in Teaching English to Elementary School Students.” Paper. Padang: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negri Padang.

ABSTRAK

Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional telah diajarkan dalam berbagai tingkat pendidikan, salah satunya Sekolah Dasar. Bahasa Inggris memiliki empat skill yang utama yaitu listening, speaking, reading, dan writing. Di samping itu, Bahasa Inggris juga memiliki komponen-komponen bahasa yang penting untuk dipahami, salah satunya adalah  vocabulary. Pengajaran vocabulary terintegrasi di dalam pengajaran skill-skill tersebut.
Fokus utama pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar adalah pengenalan vocabulary, karena vocabulary merupakan salah satu kunci penting untuk menjalankan proses pembelajaran di sekolah dasar. Sesuai perkembangan psikologinya, siswa Sekolah Dasar belum bisa belajar serius secara total. Untuk menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar dalam suasana rileks dan menyenangkan, guru  perlu memilih strategi yang tepat. Salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam pengajaran Bahasa Inggris bagi siswa yaitu melalui permainan yang di sebut dengan Domino Card Game.
Domino Card Game ini memiliki cara permainan yang tidak jauh berbeda dengan domino tradisional. Di dalam permainan Domino Card Game, satu kartu domino terdiri dari dua sisi seperti Domino tradisional, tapi bedanya pada salah satu sisi kata, dan sisi lain berisi gambar. Tapi kata dan gambarnya tidak sesuai. Di sinilah siswa di ajarkan untuk mencocokkan gambar dengan kata yang sesuai. Siswa bisa bermain berpasangan. Setiap siswa masing-masing mendapat 4 atau 5 kartu domino. Penulis yakin bahwa permainan ini akan bermanfaat bagi guru dalam mengajar vocabulary untuk siswa Sekolah Dasar diantaranya untuk menambah vocabulary dan meningkatkan motivasi siswa dengan cara yang menarik, menantang dan membuat siswa familiar dengan kosa kata baru.

Adviser   : Muhd. Al-Hafiz, S.S., M.A
Examiner 1: Dra. An Fauzia R. Syafei, M.A
Examiner 2: Yuli Tiarina, M.Pd

Examination : Monday, January 9th, 2012
Graduation day : Saturday, March 3th, 2012