The Analysis of Students’ Needs On Functional Grammar Material At English Language Teaching Study Program In The State University Of Padang

February 11, 2012 in Research

Masido, Nurprima Sellydwiana. 2012. The Analysis of Students’ Needs On Functional Grammar Material At English Language Teaching Study Program In The State University Of Padang. Skripsi. Jurusan Bahasa Inggris FBSS. UNP Padang.

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan adanya perubahan pada kurikulum yang digunakan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris yang menyebabkan digantinya mata kuliah Structure 4 dengan Functional Grammar. Setelah 1 semester di implementasikan, pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah Functional Grammar ternyata masih rendah. Penelitian ini bertujuan melihat apa saja kebutuhan mahasiswa terhadap materi ajar Functional Grammar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket. Data dari penelitian ini berupa skor rata-rata yang diambil dari angket yang dirubah kedalam bentuk persentase dan juga kedalam bentuk skala Likert. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris yang sedang mengambil mata kuliah Functional Grammar dan juga dosen-dosen mata kuliah Functional Grammar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa yang mendapat kesulitan dalam memahami Functional Grammar. Selain itu ditemukan juga bahwa mahasiswa membutuhkan tambahan materi ajar. Dari segi input siswa membutuhkan lebih banyak penjelasan, ilustrasi dan contoh pada topik the differences of functional grammar and traditional grammar, the principles of grammatical analysis, process type, participant role, circumstance types, MOOD, mood element, residue, clause complex with the system of taxis, theme and rheme. Sedangkan dari segi content siswa menyatakan bahwa ada beberapa topik yang belum dipelajari. Dari segi task siswa membutuhkan tambahan latihan pada topik The differences of functional grammar and traditional grammar, the principles of grammatical analysis, Process types, Participant role, Circumstances types, MOOD, Mood Element, Residue, Modality, Clause Complex, Clause omplex with the system of taxis, Clause complex with the logico-semantic relationship, Theme and Rheme, Types of Theme, Thematic Progression, Nominal Groups, Grammatical Metaphore, Differences of spoken and written language, Cohesion, Field, tenor and mood analysis, Conjunction, Context, Text, Text Types. Kemudian, dari penelitian tersebut juga ditemukan bahwa ada kesamaan dan perbedaan pendapat mahasiswa dan dosen mengenai tingkat kesulitan dan pentingnya input, content dan task oleh mahasiswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pemahaman masisiwa terhadap Functional Grammar dapat ditingkatkan dengan mengetahui kebutuhan mahasiswa tersebut dan memenuhi kebutuhannya.

Date of graduation: March 3rd 2012
advisors:
1. Refnaldi, S.Pd., M.litt.
2. Dra. Kurnia Ningsih, M.A.

Examiners:
1. Dr. Hamzah, M.A., M.M.
2. Prof. Dr. Jufrizal, M.Hum.
3. Havid Ardi, S.Pd., M.Hum.